FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SDN DEBONG LOR KOTA TEGAL
Nela Mariza Oktiana Pristiwati , 1401413517 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SDN DEBONG LOR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (657kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran SBK seni tari merupakan mata pelajaran yang memuat aspek gerak tubuh, bentuk posisi tubuh, dan cara mengekspresikan perasaan. Seni tari memiliki peran penting dalam membantu siswa untuk mengembangkan potensi diri. Selain itu, melalui pembelajaran seni tari siswa dapat mengembangkan kecerdasan emosionalnya dengan bantuan guru seni tari. Upaya pengembangan kecerdasan emosional siswa memang dapat didorong melalui pembelajaran seni tari, akan tetapi peran dari keluarga juga tidak kalah pentingnya dalam membantu mengembangkan kecerdasan emosional. Apalagi, keluarga merupakan lingkungan pertama yang membentuk kepribadian dan emosi dari siswa. Berdasarkan hal tersebut, penulis berinisiatif mendeskripsi faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeroleh gambaran mengenai tingkat kecerdasan emosional siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran seni tari. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas II sampai dengan kelas V di SD Negeri Debong Lor Kota Tegal yaitu sebanyak 159 siswa. Namun, sampel yang digunakan hanya sebanyak 110 siswa. Penelitian ini bermaksud membahas mengenai kecerdasan emosional siswa SD yang terdiri dari dimensi pengenalan emosi diri, pengendalian emosi diri, motivasi diri, empati, dan hubungan sosial. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi faktor intern dan ekstern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran seni tari termasuk dalam kategori sedang, karena persentase dan nilai mean berada pada kategori sedang. Hasil perhitungan faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran seni tari diperoleh mean sebesar 76,42 yang merupakan total mean dari faktor jasmaniah, psikologi, keluarga, sekolah, dan lingkungan. Nilai mean dari faktor jasmaniah sebesar 2,43 berada di kategori rendah. Hasil perhitungan faktor psikologi diperoleh mean 9,25 berada di kategori sedang. Hasil perhitungan faktor keluarga diperoleh mean 27,92 berada di kategori sedang. Hasil perhitungan faktor sekolah diperoleh mean 28,19 berada di kategori sedang. Hasil perhitungan faktor lingkungan diperoleh mean 8,64 termasuk kategori sedang. Disimpulkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa dan faktor-faktor yang memengaruhi kecerdasan emosional siswa pada pembelajaran seni tari juga berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, pembelajaran seni tari |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2018 14:31 |
Last Modified: | 15 Jul 2018 14:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31472 |
Actions (login required)
View Item |