MINAT BACA, PENGELOLAAN KELAS, DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PLALANGAN 04 SEMARANG

Tri Rumiati Ningsih , 1401413516 (2017) MINAT BACA, PENGELOLAAN KELAS, DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN PLALANGAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Membaca memiliki pengaruh yang baik terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa dapat bertambah dan tentunya dapat mendukung hasil belajar siswa. Kegiatan membaca tentunya tidak lepas dari minat. Minat membaca yang dimiliki masing-masing individu jelas berbeda. Faktor yang dapat mempengaruhi minat baca siswa adalah guru, sekolah, orang tua, dan lingkungan siswa. Pengelolaan kelas yang baik sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan atau suasana kondusif. Suasana yang kondusif dibutuhkan siswa untuk dapat berkonsentrasi dalam membaca. Peran guru dalam pe-ngelolaan kelas sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V, (2) hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPS siswa kelas V, dan (3) hubungan antara minat baca, pengelolaan kelas, dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kualitatif tipe studi kasus tunggal. Subjek yang diteliti yaitu guru, pustakawan, dan siswa kelas V dengan objek penelitian berupa minat baca, pengelolaan kelas, dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Plalangan 04 kecamatan Gunungpati kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara grup, wawancara semi terstruktur, obsrevasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Teknik keabsahan yang digunakan adalah uji kredibilitas model triangulasi sumber, pengecekan anggota secara formal, dan kecukupan referensi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar IPS siswa kelas V, yang ditunjukkan dengan 19 siswa dengan minat baca baik 14 di antaranya mendapat hasil belajar di atas KKM 67, sedangkan 12 siswa dengan minat baca rendah memiliki hasil belajar di bawah KKM. (2) terdapat hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPS siswa kelas V, ditunjukkan dengan skor pengelolaan kelas yang diperoleh dikategorikan baik menghasilkan hasil belajar di atas KKM. (3) Terdapat hubungan antara minat baca, pengelolaan kelas, dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu kepada pembaca. Guru hendaknya dapat memotivasi siswa untuk gemar membaca dan dapat mengelola kelas lebih variatif. Bagi siswa minat baca dapat ditingkatkan untuk menambah wawasan dan meningkatkan hasil belajar yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat baca, pengelolaan kelas, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 15 Jul 2018 10:27
Last Modified: 15 Jul 2018 10:27

Actions (login required)

View Item