PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG


Luluk Linggarjati , 1401413510 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN COMAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413510.pdf]
Preview
PDF
Download (858kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam mengubah cara siswa untuk belajar, untuk memperoleh informasi, dan menyesuaikan informasi. Melalui pembelajaran berbasis multimedia, kemampuan teknik pembelajaran guru dapat digunakan secara optimal. Pada pembelajaran berbasis multimedia kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang masih belum diterapkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang dapat dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis multimedia. Faktor yang dipengaruhinya adalah motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang yang berjumlah 145 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simpel random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 106 siswa. Data penelitian diperoleh dengan angket dan nilai UTS semester genap siswa untuk mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sebesar 32,9%. Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sebesar 56,4%. Dan ada hubungan yang kuat antara motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dengan nilai korelasi korelasi sebesar 0,664. Maka hendaknya guru dapat meningkatkan dan menggunakan pembelajaran berbasis multimedia dengan tepat sesuai dengan materi pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan bermakna, efektif, dan efisien. Dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar serta memudahkan siswa dalam memahami materi sehingga siswa akan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; motivasi; pembelajaran berbasis multimedia
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 18:52
Last Modified: 12 Jul 2018 18:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31469

Actions (login required)

View Item View Item