PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 5 SENTOLO

Ma’rufiati Azhari , 1401413507 (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 5 SENTOLO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1379Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada SD di Gugus 5 Sentolo teridentifikasi masalah, yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru kelas karena guru masih menggunakan metode konvensional. Data dokumen menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa V belum mencapai keuntasan klasikal lebih dari 50%. Berdasarkan permasalahan perlu dilaksanakan pembelajaran yang inovatif dengan menerapakan model Group Investigation berbantu audio visual. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan pengaruh model Group Investigation berbantu audiovisual terhadap hasil belajar IPA kelas V SD di Gugus 5 Sentolo; (2) Mendeskripsikan pengaruh model Group Investigation berbantu audiovisual terhadap aktivitas belajar IPA kelas V SD di Gugus 5 Sentolo; (3) Mendeskripsikan pengaruh model Group Investigation berbantu audiovisual terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SD di Gugus 5 Sentolo. Desain penelitian menggunakan Quasi-Experimental dengan bentuk Non Equivqlent Control Group Design. Subjek penelitian 41 siswa yang terdiri 20 siswa kelas V SDN Pergiwatu sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa kelas V SDN Kradenan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan untuk aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan (1) Rata-rata skor aktivitas siswa pada kelas eksperimen menunjukkan persentase 75% lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yaitu 58,90%. (2) Harga t-hitung lebih besar dibandingkan harga t-tabel (3,466 > 2,023) dan signifikansi (0,00 < 0,05), artinya Ha diterima yaitu ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPA antara kelas eksperimen dan kontrol. Besar peningkatan pada kelas eksperimen terlihat pada rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,536 (kategori sedang). (3) Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti penerapan model Group Investigation (F = 22,843 ; α < 0,05). Simpulan penelitian ini model Group Investigation berbantu audio visual memberikan pengaruh pada pembelajaran IPA terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian yaitu hendaknya siswa lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengikuti pembelajaran IPA; guru hendaknya mengkolaborasikan model Group Investigation dengan metode lain agar pembelajaran lebih menarik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, group investigation; hasil Belajar; IPA
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 12 Jul 2018 14:23
    Last Modified: 12 Jul 2018 14:23

    Actions (login required)

    View Item