KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG

Sri Rizqi Wahyuningtyas , 1401413506 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS MELATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1201Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bersama guru ditemukan beberapa permasalahan yaitu cara dan minat belajar siswa yang berbeda-beda; penggunaan model konvensional yang kurang variatif; serta hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Gugus Melati belum optimal dan sebagian besar masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan permasalahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya siswa kelas V SDN Gugus Melati Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Melati Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling sehingga didapatkan kelas V SDN Kalipancur 01 dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Kalipancur 02 dengan jmlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji gain. Berdasarkan analisis hasil pretest tedapat kesamaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditunjukkan dengan thitung < ttabel (- 0,222 <1,994) dan signifikansi > α ( 0,825 > 0,05). Pada analisis hasil postest, uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,841>1,994) dengan signifikansi < α (0,006 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor postest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki peningkatan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,37. Uji gain menunjukkan peningkatan rata-rata gain ternormalisasi pada kelas eksperimen sebesar 0,5312 kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,2974 kategori rendah. Dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa model SAVI berbantuan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Sifat-sifat Cahaya. Saran yang dapat disampaikan yaitu guru sebaiknya menyiapkan kelengkapan fasilitas pembelajaran semaksimal mungkin sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, karena mengingat model SAVI memerlukan waktu yang relatif banyak. Selain itu, guru juga dapat memilih siswa untuk menjadi ketua dalam kelompoknya, agar kerja kelompok terkoordinir dan dapat berjalan efektif dan efisien.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan, SAVI, audiovisual, IPA
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 12 Jul 2018 14:17
    Last Modified: 12 Jul 2018 14:17

    Actions (login required)

    View Item