PENGEMBANGAN BUKU CERITA LIFT THE FLAP DILENGKAPI GRAPHIC ORGANIZER PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK SISWA SD KELAS III
Khodijah , 1401413501 (2017) PENGEMBANGAN BUKU CERITA LIFT THE FLAP DILENGKAPI GRAPHIC ORGANIZER PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK SISWA SD KELAS III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (688kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa indonesia mencakup empat aspek keterampilan berbahasa yaitu keterampilan berbicara, menyimak, membaca dan menulis. Salah satu keterampilan yang menjadi dasar untuk mempelajari keterampilan lain adalah keterampilan membaca. Bedasarkan penelitian, kemampuan siswa dalam membaca pemahaman masih rendah. Pembelajaran membaca pemahaman dipengaruhi oleh minat siswa untuk membaca yang disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa. Siswa mengalami permasalahan rendahnya kemampuan memahami isi bacaan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku cerita lift the flap dilengkapi graphic organizer pada pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tahap penelitian Borg and Gall. Penelitian ini dibatasi pada tujuh tahap yaitu. 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan desain, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) uji skala kecil, 6) revisi produk, dan 7) uji efektifitas Berdasarkan penilaian ahli materi dan media buku cerita lift the flap dilengkapi graphic organizer memperoleh nilai 151 dan berdasarkan uji efektifitas di SD Islam Siti Sulaechah 01 Semarang jumlah nilai rata-rata siswa yaitu 90,00 sehingga termasuk ke dalam kriteria sangat valid, dapat digunakan tanpa revisi. Hasil analisis uji t diperoleh t hitung = 2,83 selanjutnya dibandingkan harga t tabel dengan dk = 58. Selanjutnya adalah membandingkan dk dengan tabel nilai “t”, pada taraf signifikan 0,05. Harga t hitung > t tabel maka ha diterima (ha = rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar = rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan bahan ajar. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbentuk buku cerita lift the flap dilengkapi graphic organizer. Hasil pengembangan yang telah dilakukan mampu meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman kelas III.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita; Graphic Organizer; Membaca Pemahaman; Minat Membaca; Lift The Flap. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > reading comprehension |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 17:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 17:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31464 |
Actions (login required)
View Item |