PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERGAMBAR SERI PADA KELAS 3 SEKOLAH DASAR


Okti Handayani , 1401413497 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERGAMBAR SERI PADA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413497.pdf]
Preview
PDF
Download (571kB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah menentukan bahan ajar yang tepat untuk membantu siswa mencapai kompetensi. Rendahnya nilai siswa pada KD menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, serta belum adanya bahan ajar yang menunjang pembelajaran. Permasalahan ini membuat peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berupa buku panduan menulis karangan sederhana, dengan adanya buku panduan kemampuan menulis siswa akan berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku panduan menulis karangan seerhana yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru khususnya kelas 3 meliputi, (1) mengetahui dan membuat desain buku panduan menulis karangan sederhana bergambar seri pada kelas 3, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar dan materi buku panduan menulis karangan sederhana bergambar seri pada kelas 3, dan (3) mengetahui uji efektivitas terbatas pada siswa kelas 3 SDN Tambakaji 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan mengacu pada teori Borg dan Gall (Sukmadinata, 2008:169) Tujuh tahap pelaksanaan penelitian sebagai berikut: (1) tahap pengukuran kebutuhan dan studi literatur; (2) tahap pengembangan draf produk; (3) tahap uji coba lapangan; (4) tahap revisi hasil uji coba; (5) tahap penyempurnaan produk akhir; dan (6) tahap mendeskripsikan penggunaan buku panduan yang belum teruji tingkat keefektifannya; (7) tahap uji keefektifan terbatas pada siswa kelas 3 SDN Tambakaji 3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) desain buku panduan, siswa dan guru menginginkan buku panduan yang menarik baik dari sampul buku sampai ke isi buku, ringan dan mudah dibawa kemana-mana, dan menggunakan bahasa baku, sederhana, dan komunikatif; (2) penilaian kelayakan media dilihat dari dimensi sampul buku panduan sebesar 83,3%, bentuk sebesar 80%, dan isi buku panduan sebesar 81,2%, penilaian ahli materi sebesar 93,7%; dan (3) hasil uji coba pada siswa kelas 3B, dengan hasil rata-rata nilai 75,22 dengan ketuntasan belajar 91,3%, setelah diujicobakan peneliti melakukan uji efektifitas terbatas pada kelas 3A, dengan hasil rata-rata nilai sebesar 77,5% dengan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian peneliti memberikan saran untuk meningkatkan hasil belajar pada materi menulis karangan sederhana sebaiknya menggunakan buku panduan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada kelas 3.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, buku panduan, kelas 3 SD, menulis, karangan, sederhana,
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:46
Last Modified: 12 Jul 2018 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31461

Actions (login required)

View Item View Item