KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUANMEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD


PRATISTA DINARNI , 1401413495 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY BERBANTUANMEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413495.pdf]
Preview
PDF
Download (701kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dikatakan efektif apabila peserta didik mendapatkan hasil maksimal. Hasil belajar IPA di SDN Gugus Dewi Sartika rendah. Hal ini dipengaruhi padatnya materi, kebosanan, dan kurang fokus peserta didik sehingga hasil belajar tidak maksimal. Hasil belajar maksimal dapat diperoleh melalui salah satu model pembelajaran inovatif course review horay yang menciptakan pembelajaran efektif yang meriah dan menarik. Keefektifan model pembelajaran course review horaydibandingkan dengan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA materi daur air dan menghemat air kelas V SD di gugus Dewi Sartika, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA materi daur air dan menghemat air peserta didik kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, dan (2) mengetahui penerapan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar IPA materi daur air dan menghemat air peserta didik kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan rata-rata, N- gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga t-hitung sebesar 1,96019 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu sebesar 1,67252 dan signifikasi (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ketika Ha diterima berarti terdapat perbedaan rata-rata skor posttest pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi daur air dan menghemat air kelas V antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji gain nilai gain kelas eksperimen yaitu 0,467 termasuk kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,228 termasuk kategori rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa kenaikan rata-rata yang lebih tinggi pada kelas eksperimen meunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay pada pembelajaran IPA materi daur air dan menghemat air dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini model course review horayefektif terhadap hasil belajar IPA materi daur air dan menghemat air kelas V SD gugus Dewi Sartika, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; IPA; course review horay; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:43
Last Modified: 12 Jul 2018 13:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item View Item