PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY PADA LAWANG SEWU SEBAGAI PENGENALAN OBJEK WISATA JAWA TENGAH


Diah Ayu Kusumawati, 5302410087 (2017) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY PADA LAWANG SEWU SEBAGAI PENGENALAN OBJEK WISATA JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (739kB) | Preview

Abstract

Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata peninggalan kolonial Belanda yang memiliki keunikan arsitektur sebagai daya tarik utama wisata. Berbagai potensi yang dimiiki Lawang Sewu belum tersampaikan dengan baik karena masih kurangnya upaya pengenalan Lawang Sewu kepada wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi Virtual Reality pada Lawang Sewu sebagai sarana pengenalan objek wisata yang interaktif dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Terdapat 3 tahap pengujian pada penelitian ini yaitu pengujian perangkat lunak menggunakan metode blackbox, uji validasi desain, dan uji pemakaian pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Virtual Tour Lawang Sewu. Aplikasi ini dijalankan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi android dan dilengkapi dengan sensor gyroscope. Penggunaanya disertai dengan perangkat VR cardboards. Hasil pengujian dari aplikasi Virtual Tour Lawang Sewu pada uji validasi desain sebesar 90.56% dan uji pemakaian pengguna sebesar 86.08 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: virtual reality , virtual tour, lawang sewu
Subjects: L Education > teacher competence
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:42
Last Modified: 04 Apr 2019 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item