PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Tina Mardiyana , 1401413492 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413492.pdf]
Preview
PDF
Download (993kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru yang belum maksimal dan kurangnya motivasi belajar siswa terjadi pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Kota Semarang. Faktor ini berdampak pada kurangnya hasil belajar IPS siswa kelas V. Nilai Ulangan Akhir Semester IPS Tahun Ajaran 2016/2017 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan besar pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Kecamatan Mijen Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 136 siswa, diambil sampel sebanyak 68 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Data yang memenuhi persyaratan kemudian dianalisis dengan uji t, uji F, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi parsial, dan uji koefisien determinasi simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,803 > 2,000 dengan pengaruh sebesar 17,98%. (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel yaitu 6,459 > 2,000 dengan pengaruh sebesar 38,69%. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 29,44 > 3,14 dengan pengaruh sebesar 47,47%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmu dalam pembelajaran IPS. Bagi guru hendaknya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Bagi siswa hendaknya meningkatkan motivasi untuk belajar IPS. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya menyertakan variabel lain selain variabel pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:31
Last Modified: 12 Jul 2018 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31455

Actions (login required)

View Item View Item