PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK 3D PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DALAM BERHEMAT ENERGI KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG


Ratna Setyaningsih , 1401413491 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK 3D PADA PEMBELAJARAN PKn MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DALAM BERHEMAT ENERGI KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413491.pdf]
Preview
PDF
Download (804kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitian di kelas IV SD Negeri Tambakaji 05 Semarang melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar ditemukan bahwa, guru kelas belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif pada pembelajaran dan hanya mengacu pada buku siswa, hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu dilakukan pengembangan media komik 3D pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara mengembangkan desain, bagaimana kelayakan, dan bagaimana keefektifan media komik 3D pada pembelajaran PKn materi hak dan kewajiban dalam berhemat energi kelas IVA SD Negeri Tambakaji 05 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang terdiri dari beberapa tahap meliputi potensi dan masalah; pengumpulan data; desain media Komik 3D; penilaian desain media Komik 3D; revisi desain media Komik 3D; uji coba skala kecil; revisi desain Komik 3D; uji coba skala besar; analisis data, dan produk final. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN tambakaji 05 Semarang. Pada uji coba skala kecil diambil 30% dari 30 siswa kelas IVA yaitu 9 siswa, dan uji coba skala besar dilakukan pada seluruh siswa kelas IVA yaitu 30 siswa. Hasil penelitian di SDN Tambakaji 05 Semarang menunjukkan bahwa media komik 3D dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media, dengan persentase kelayakan komponen isi 90% termasuk kriteria sangat layak, komponen kebahasaan 85% dengan kriteria layak dan komponen penyajian 89,5% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan media Komik 3D ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis nilai pretest dan posstest. Hasil belajar dalam ranah kognitif dianalisis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel (10,045 > 2,045). Setelah itu diuji kembali menggunakan uji N-gain yang menunjukkan peningkatan sedang yaitu sebesar 0,42. Berdasarkan uji-t dan N-gain tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dalam ranah kognitif meningkat secara signifikan dalam kategori sedang. Saran untuk penelitian selanjutnya yakni media komik 3D yang dikembangkan pada pembelajaran PKn materi hak dan kewajiban dalam berhemat energi dapat digunakan dengan memperbaiki komponen penyajian yang disesuaikan dengan karakteristik siswa agar pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hak dan kewajiban; hemat energi; komik; PKn; tiga dimensi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 13:21
Last Modified: 12 Jul 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31454

Actions (login required)

View Item View Item