HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS IRAWAN KABUPATEN SRAGEN


Citra Niva Kurniasari , 1401413487 (2017) HUBUNGAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS IRAWAN KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413487.pdf]
Preview
PDF
Download (786kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan dan kemandirian sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar yang baik. Belajar dengan disiplin dan mandiri terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas, ketergantungan dan menimbulkan semangat, tanggung jawab, kesadaran dalam belajar, yang dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dengan hasil belajar IPS, adakah hubungan yang positif dan signifikan kemandirian dengan hasil belajar IPS, dan adakah hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Gugus Irawan Kabupaten Sragen dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dengan hasil belajar IPS, hubungan yang positif dan signifikan kemandirian dengan hasil belajar IPS, dan hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri di Gugus Irawan Kabupaten Sragen Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Irawan sebanyak 134 siswa dan diambil sampel sebanyak 100 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analisis korelasi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan kemandirian siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 80,69 dan 81,15. Hasil belajar IPS ranah kognitif siswa termasuk dalam kategori baik, dengan skor ratarata 81,70. Koefisien korelasi antara kedisiplinan dan hasil belajar IPS sebesar 0,853 menunjukkan tingkat hubungan sangat kuat, positif dan signifikan. Koefisien korelasi antara kemandirian dan hasil belajar IPS sebesar 0,857 menunjukkan tingkat hubungan sangat kuat, positif dan signifikan. Kemudian koefisien korelasi antara kedisiplinan dan kemandirian hasil belajar IPS sebesar 0,884 menunjukkan tingkat hubungan sangat kuat, positif dan signifikan. Simpulan skripsi ini adalah, terdapat hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dengan hasil belajar IPS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan kemandirian dengan hasil belajar IPS, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan kedisiplinan dan kemandirian dengan hasil belajar IPS. Guru dan sekolah diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian siswa, karena semakin tinggi kedisiplinan dan kemandirian siswa maka akan semakin baik hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kedisiplinan, kemandirian, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 18:58
Last Modified: 09 Jul 2018 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31450

Actions (login required)

View Item View Item