HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GEYER PURWODADI


Guntur Saputro , 1401413484 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA GEYER PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413484.pdf]
Preview
PDF
Download (997kB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar menjadi salah satu faktor eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang mendapatkan pola asuh yang sesuai dengan karakter dan keadaannya serta didukung dengan kebiasaan belajar yang baik akan berpengaruh positif terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi; (2) menguji hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi; (3) menguji hubungan antara pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. Penelitian korelasional ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi yang berjumlah 127 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,511; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. Hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,722; (3) terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,756 berada pada kategori sangat kuat. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. Saran untuk orang tua dan siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS perlu adanya penerapan pola asuh yang sesuai dari orang tua serta pembentukan kebiasaan belajar yang baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > LC Special aspects of education > study habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 18:55
Last Modified: 09 Jul 2018 18:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31449

Actions (login required)

View Item View Item