PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

PUTRIANA BUNGA ASHARI , 1401413477 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS LARASATI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan laporan tahunan UNESCO Education For All Global Monitoring Report 2012, kualitas pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 120 negara di seluruh dunia. Hasil penelitian Kemendikbud (2014) memaparkan bahwa ditemukan permasalahan pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sehingga masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Pakintelan 01 yaitu pembelajaran IPS belum optimal dalam menggunakan media yang mendukung, sehingga siswa tidak menemukan pengetahuan sendiri dan hasil belajar IPS masih rendah sehingga perlu adanya pengembangan media monopoli game dalam pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media monopoli game dalam pembelajaran IPS yang sesuai dengan materi sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah kelas V SD Gugus Larasati? Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media monopoli game yang layak dan efektif dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk akhir. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus Larasati dengan sampel adalah siswa kelas V SDN Pakintelan 01. SDN Pakintelan 03. SDN Plalangan 04 menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji persyaratan analisis, data akhir dengan uji t dan uji N-gain, serta data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media monopoli game dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi dengan presentase penilaian kelayakan media yaitu 92,8% termasuk kriteria sangat layak, penilaian kelayakan materi yaitu 91,6% termasuk kriteria sangat layak; (2) media monopoli game berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t sebesar 7,340 dan peningkatan rata-rata (N-gain) sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media monopoli game dalam pembelajaran IPS layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah. Saran dalam penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan media monopoli game dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Monopoli Game ; Hasil Belajar; IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 09 Jul 2018 14:36
Last Modified: 09 Jul 2018 14:36

Actions (login required)

View Item