HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GIRIWOYO KABUPATEN WONOGIRI


Devita Imroatul Mufida Rohmi , 1401413475 (2017) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS GAJAHMADA KECAMATAN GIRIWOYO KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413475.pdf]
Preview
PDF
Download (709kB) | Preview

Abstract

Gaya belajar dan keaktifan siswa merupakan faktor yang ikut mempengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang menerapkan gaya belajar yang baik dan didukung keaktifan dalam belajar akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik siswa menerapkan gaya belajar dan aktif dalam belajarnya, maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dengan hasil belajar IPS, 2) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS, 3) untuk menguji hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Gajahmada Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi siswa kelas V SDN Gugus Gajahmada Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri sebanyak 103 dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling sebanyak 81. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis mengunakan analisis korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas untuk mengetahui data berdistribusi normal dan linier. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dengan bantuan program SPSS 24 diperoleh: 1) hasil rx1yhitung > rtabel (0,404 > 0,220) termasuk kategori sedang; 2) hasil rx2yhitung > rtabel (0,599 > 0,220) termasuk kategori sedang; 3) hasil rx1x2yhitung > rtabel (0,603 > 0,220) termasuk kategori kuat; 4) besar koefisien determinasi = 0,363609, ini berarti kontribusi gaya belajar dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar IPS siswa adalah 36% dan sisanya 64% disumbang oleh faktor-faktor lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dengan hasil belajar IPS; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan keaktifan siswa dengan hasil belajar IPS; dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar dan keaktifan siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Gajahmada Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri. Saran dengan hasil ini dapat mengelola mengelola guru lebih baik lagi dalam pemanfaatan gaya belajar dengan pemberian tugas untuk meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, keaktifan siswa, hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 18:33
Last Modified: 09 Jul 2018 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item