KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 JEBED KABUPATEN PEMALANG
Reza Dwi Prasetiyo , 1401413471 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 07 JEBED KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (549kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPA yaitu guru kurang inovatif dalam menerapkan media dalam pembelajaran. Pada umumnya guru di SDN 07 Jebed hanya menerapkan media konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran IPA. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran IPA, salah satunya yaitu dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Flash terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi Kenampakan Benda Langit pada siswa kelas IV SD Negeri 07 Jebed Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sample t-test dan uji pihak kanan melalui one sampel t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan SPSS versi 21. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 07 Jebed Kabupaten Pemalang yang berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa di kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Uji hipotesis pertama (uji perbedaan) menggunakan rumus independent samples t test melalui program SPSS versi 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa t hitung data motivasi belajar sebesar 2,078 dan t hitung nilai hasil belajar sebesar 2,814. Dari hasil penghitungan, dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (2,078 > 2,018 dan 2,814 > 2,018). Apabila mengacu pada kriteria keputusan pengujian hipotesis, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara yang menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan media visual berupa buku teks dan gambar. Hipotesis yang kedua (uji keefektifan), menggunakan rumus one sample t test. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,676 > 1,721 dan 4,506 > 1,721). Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri SD Negeri 07 Jebed Kabupaten Pemalang dalam pembelajaran IPA materi Kenampakan Benda langit dengan media pembelajaran berbasis Adobe Flash lebih efektif daripada media visual berupa buku teks dan gambar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adobe Flash. hasil belajar, media pembelajaran, motivasi belajar, |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > motivation to learn |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 14:21 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 14:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31445 |
Actions (login required)
View Item |