PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS AKHMAD YANI KABUPATEN TEGAL


Wahyu Eri Kuryanto , 1401413469 (2017) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS AKHMAD YANI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413469.pdf]
Preview
PDF
Download (685kB) | Preview

Abstract

Tingkat pendidikan orang tua adalah jenjang ataupun tahap pendidikan formal yang ditempuh orang tua dalam usahanya mengembangkan jasmani dan rohani, atau melakukan proses pengubahan cara berfikir atau tata laku secara intelektual dan emosional. Pola asuh orang tua adalah serangkaian bentuk atau tata cara yang dilakukan oleh orangtua dalam menjaga, merawat dan mendidik anaknya yang bersifat konsisten yang diwujudkan dalam bentuk interaksi antara orang tua dengan anak-anaknya. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya pendorong atau penggerak dari dalam maupun luar diri siswa yang mampu menimbulkan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Se-gugus Akhmad Yani Kabupaten Tegal.. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Se-gugus Akhmad Yani Kabupaten Tegal berjumlah 344 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Penentuan sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 175 siswa. Uji analisis akhir/uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara tingkat pendidikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Persentase sumbangan pengaruh variabel tingkat pendidikan terhadap motivasi belajar sebesar 90%; (2) Ada pengaruh antara pola asuh terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Persentase sumbangan pengaruh variabel pola asuh terhadap motivasi belajar sebesar 5%; (3) Ada pengaruh antara tingkat pendidikan dan pola asuh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Hal ini dibuktikan Fhitung lebih besar daripada Ftabel (786,983 > 3,05) maka H0 ditolak. Persentase sumbangan pengaruh variabel tingkat pendidikan dan pola asuh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar sebesar 90%. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dapat disimpulkan terdapat pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN Se-gugus Akhmad Yani Kabupaten Tegal. Kepada guru hendaknya dapat membantu orang tua dalam memotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pola asuh, motivasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 13:37
Last Modified: 09 Jul 2018 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31443

Actions (login required)

View Item View Item