HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS PUNTADEWA KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG
BAYU NUR FAJRI , 1401413466 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS PUNTADEWA KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (816kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor penting dalam keberhasilan siswa adalah adanya motivasi belajar. Berdasarkan hasil prapenelitian yang dilakukan di SD Gugus Puntadewa masalah pada pembelajaran IPS SD Gugus Puntadewa adalah motivasi belajar siswa yang masih rendah, sehingga tidak adanya dorongan untuk belajar baik di rumah atau sekolah. Permasalahan lain yang peneliti dapatkan adalah minat baca siswa masih rendah, dan masih terdapat siswa yang belum lancar dalam membaca. Faktor motivasi belajar dan minat baca diduga berhubungan dengan hasil belajar IPS siswa kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan motivasi belajar dan minat baca dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus Puntadewa, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Indikator motivasi belajar hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita, penghargaan dalam belajar, kegiatan menarik, lingkungan belajar kondusif. Indikator minat baca adalah kesenangan membaca, kesadaran akan manfaat membaca, frekuensi bacaan, dan kuantitas sumber bacaan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V SD di Gugus Puntadewa, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang sejumlah 59 siswa, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh berjumlah 59 siswa. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar dan minat baca sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan ganda berbantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan nilai koefisien korelasi pada tabel model Summary diperoleh nilai probabilitas (Sig. F Change) sebesar 0,000. Nilai Sig.F change 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah motivasi belajar dan minat baca berhubungan dengan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus Puntadewa, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Disarankan kepada guru untuk memberi inovasi dalam penyampaian materi agar siswa semangat untuk belajar dan senang membaca.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Minat Baca; Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > motivation to learn P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > Reading Interest |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 13:32 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 13:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31442 |
Actions (login required)
View Item |