KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN PPT (POWERPOINT) TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PKn KELAS IV DI SD GUGUS KARTINI


Ketut Alif Wijayanto , 1401413459 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN PPT (POWERPOINT) TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PKn KELAS IV DI SD GUGUS KARTINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413459.pdf]
Preview
PDF
Download (874kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian awal di SDN 02 Tanjungrejo dan SDN 01 Tanjungrejo, menunjukkan pembelajarannya belum bervariasi, masih berpusat pada guru sehingga memiliki ketuntasan klasikal <50%. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah pembelajaran PKn menggunakan model Quantum Teaching mengunakan powerpoint efektif terhadap hasil belajar materi globalisasi kelas IV SD di Gugus Kartini?; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn pada materi globalisasi dengan model Quantum Teaching mengunakan powerpoint kelas IV SD di Gugus Kartini?. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendiskripsikan keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching mengunakan powerpoint dengan model Konvensional; (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn pada materi globalisasi dengan model Quantum Teaching mengunakan powerpoint kelas IV SD di Gugus Kartini. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari 62 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Sampel diambil dari subjek populasi terdiri 29 siswa kelas IV SDN 01 Tanjungrejo (kelompok kontrol) dan 33 siswa kelas IV SDN 02 Tanjungrejo (kelompok eksperimen). Hasil penelitian menunjukan 1. Mean posttest kelompok eksperimen 78,79 dan kelompok kontrol sebesar 69,24. Hal ini menunjukkan gain <g> kelompok eksperimen sebesar 0,4409 (sedang) sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,2255 (rendah). Hasil uji t menunjukkan nilai thitung (3,368) > ttabel (2,000) berarti bahwa model Quantum Teaching mengunakan powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar PKn dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001. Rata-tata nilai posttest kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. 2. aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik sedangkan di kelas kontrol hanya sampai pada kriteria baik. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching mengunakan powerpoint efektif dan signifikan terhadap hasil dan aktivitas PKn pada siswa kelas IV SD di Gugus Kartini Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih metode maupun model yang mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran dapat bersifat dua arah. Untuk siswa, hendaknya lebih menonjolkan diri agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan model yang dapat mengaktikan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Model Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 13:13
Last Modified: 09 Jul 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31439

Actions (login required)

View Item View Item