PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2016/2017 GUGUS LOKAWIYATA SIWI KABUPATEN BANYUMAS


Putri Restu Rahayu , 1401413457 (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2016/2017 GUGUS LOKAWIYATA SIWI KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413457.pdf]
Preview
PDF
Download (972kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia dapat diwujudkan melalui pendidikan. Mutu suatu pendidikan dapat diketahui melalui hasil belajar. Hasil belajar merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu diantaranya pembelajaran PKn. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar antara lain motivasi belajar dan kedisiplinan siswa. Motivasi belajar dan kedisiplinan siswa, merupakan suatu faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar, termasuk PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 responden dengan sampel sebanyak 146 responden yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis koefisien bersama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung ≥ ttabel atau 4,442 ˃ 2,265. Korelasi sebesar 0,347. Untuk besar sumbangan motivasi terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 12,10%.; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,923 ˃ 2,265. Korelasi sebesar 0,380. Untuk besar sumbangan kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 14,40%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 12,189 > 3,786. Korelasi sebesar 0,382. Untuk besar sumbangan motivasi belajar kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 14,60%. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan seperti pengelola pendidikan dan pemerintah hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas guru agar memiliki keterampilan mengajar yang memadai termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan kedisiplinan belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar PKn; Kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 13:05
Last Modified: 09 Jul 2018 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31438

Actions (login required)

View Item View Item