PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN UNTUK MENGAJUKAN PERTANYAAN DARI ISI TEKS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Winarni , 1401413456 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN UNTUK MENGAJUKAN PERTANYAAN DARI ISI TEKS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413456.pdf]
Preview
PDF
Download (507kB) | Preview

Abstract

Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah memilih atau menentukan materi pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi siswa di kelas III-B SDN Tambakaji 05, Kota Semarang adalah siswa kurang minat dalam materi mengajukan pertanyaan dari isi teks yang didasarkan pada hasil belajar yang rendah. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum adanya buku panduan mengenai materi tertentu. Peneliti mengembangkan buku panduan untuk mengajukan pertanyaan dari isi teks pada siswa kelas III SD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku panduan berbentuk serta mengetahui kelayakan dan keefektifan produk buku panduan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Peneliti menggunakan 7 tahapan penelitian antara lain survei pendahuluan; awal pengembangan prototipe; desain produk; validasi desain dan uji coba awal; revisi atau perbaikan produk; uji keefektifan; serta revisi produk dan penyusunan hasil. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan III-B SDN Tambakaji 05 Semarang. Kelas III-B dengan jumlah 24 siswa dijadikan sebagai kelas uji keefektifan produk. Sumber data juga diperoleh dari guru wali kelas III SDN Tambakaji 05, Kota Semarang serta ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku panduan dikembangakan sesuai dengan angket kebutuhan siswa dan guru SDN Tambakaji 05 Semarang yang telah didapat; hasil penilaian buku panduan dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori layak digunakan, penilaian ahli media sebesar 84,37% dengan kategori layak digunakan; dan buku panduan yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa nilai N-gain diperoleh sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan validasi ahli materi dan media, buku panduan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku panduan; mengajukan pertanyaan dari isi teks.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 13:02
Last Modified: 09 Jul 2018 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31437

Actions (login required)

View Item View Item