HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PUCANG HARAPAN KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK


NUR HAYATI , 1401413449 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS PUCANG HARAPAN KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413449.pdf]
Preview
PDF
Download (889kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar dan kesiapan belajar merupakan faktor yang ikut mempengaruhi hasil belajar siswa.Seseorang yang memiliki motivasi belajar dan kesiapan belajar yang tinggiakan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Semakin tinggi motivasi belajar dari dalam maupun luar diri siswa dan siap dalam belajarnya, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS;(2)hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS;(3) hubungan motivasi belajar dan kesiapan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS kelas V SDN Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Demak sejumlah 201 siswa, dengan jumlah sampel 60 siswa. Pengambilan sampel pada siswa menggunakan teknik sampel proporsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, wawancara tidak strukturdan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Momentdengan bantuan program IBM SPSS Statistics 24 diperoleh: 1) hasil hitung> tabel (0,712 > 0,254) termasuk kategori kuat; 2) hasil hitung> tabel (0,680 > 0,254) termasuk kategori kuat; 3) hasil hitung> tabel (0,729 > 0,254) termasuk kategori kuat; 4) koefisien determinasi = 0,531441, ini berati kontribusi motivasi belajar orang tua dan kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS siswa adalah 53,14% dan sisanya 46,86% disumbang oleh faktor-faktor lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa,(1) ada hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (2) ada hubungan positif dan signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar IPS; (3) ada hubungan positif dan signifikan motiasi belajar dan kesiapan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Demak. Saran untuk sekolah melalui guru yang bekerjasama dengan orang tua siswa untuk memberikan perhatian yang intensif dan berkesinambungan terhadap belajar siswa. Sehingga motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa akan meningkat dansiswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 12:58
Last Modified: 09 Jul 2018 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31436

Actions (login required)

View Item View Item