MEDIA JARIMATIKA PERKALIAN DASAR UNTUK SISWA KELAS LIMA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTIONS (CBI)


Rizal Nafis Nur Khakim, 5302410025 (2017) MEDIA JARIMATIKA PERKALIAN DASAR UNTUK SISWA KELAS LIMA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTIONS (CBI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (630kB) | Preview

Abstract

Jarimatika adalah cara menghitung cepat perkalian matematika dasar dengan menggunakan jari tangan. Jarimatika dapat sangat membantu ketika mengerjakan perhitungan perkalian dasar matematika dengan batasan waktu yang singkat. Batasan waktu yang singkat sering kali membuat anak lupa akan hafalan hasil perkalian dasar dan membuat waktu pengerjaan semakin lama, padahal waktu pengerjaan yang didapatkan terbatas. Jarimatika juga dapat membuat anak menjadi lebih imajinatif, ketika anak sudah menguasai jarimatika otak mereka akan dapat membayangkan jari-jari tangan mereka dan kemudian menghitung perkalian. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Metode RnD memiliki tahapan yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, pengujian, revisi produk , dan menghasilkan produk akhir. Terdapat 3 tahap pengujian pada penelitian ini yaitu pengujian perangkat lunak dengan metode black box testing, uji validasi desain, dan uji pemakaian pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran jarimatika. Aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer dan perangkat smartphone yang berjalan pada sistem operasi android dengan rekomendasi OS 4.0 atau lebih tinggi. Media jarimatika ini berisi materi mengenai bagaimana menghitung cepat perkalian dasar 6-10 dengan jari serta dilengkapi dengan latihan soal. Hasil pengujian dari media jarimatika pada uji validasi desain sebesar 90 % dan uji pemakaian pengguna sebesar 82.5%. Hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini: (1) Materi perlu ditambahkan lebih lengkap dan lebih dikembangkan tidak hanya sebatas perkalian dasar 6-10. (2) Perlu dikembangkan pada platform lain seperti ios atau BlackBerry agar semakin banyak yang dapat menggunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Jarimatika, Perkalian dasar
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2018 17:46
Last Modified: 02 Apr 2019 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31433

Actions (login required)

View Item View Item