PERBANDINGAN KARAKTERISTIK SENSOR UVTRON DAN PHOTODIODA SEBAGAI PENDETEKSI TITIK API PADA WAHANA TERBANG VERTICAL TAKE-OFF LANDING (VTOL) BERBASIS MIKROKONTROLER


Erni Setyaningsih, 5301413092 (2017) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK SENSOR UVTRON DAN PHOTODIODA SEBAGAI PENDETEKSI TITIK API PADA WAHANA TERBANG VERTICAL TAKE-OFF LANDING (VTOL) BERBASIS MIKROKONTROLER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) devisi Vertical Take-Off Landing (VTOL) merupakan perlombaan pesawat tanpa awak dengan misi mendeteksi dan memadamkan api dengan atau tanpa menggunakan air. Karena lomba dilakukan di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, maka dibutuhkan suatu sistem deteksi api pada wahana terbang VTOL yang efektif dalam mendeteksi titik api di luar ruangan. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan perancangan, penerapan metode dan pengujian sistem deteksi api dengan menggunakan sensor UVTron dan photodioda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem deteksi api yang telah dibuat dapat diimplementasikan pada wahana terbang VTOL baik yang menggunakan sensor UVTron maupun photodioda berhasil mendeteksi api dan tidak mengganggu sistem kerja dari wahana terbang. Dari kedua sensor tersebut didapatkan hasil bahwa tingkat keakurasian sensor yang cocok untuk diimplementasikan pada wahana terbang VTOL adalah sensor UVTron.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wahana Terbang VTOL, Sistem deteksi api, UVTron, Photodioda
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering > Microcontroller
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2018 17:36
Last Modified: 04 Apr 2019 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31432

Actions (login required)

View Item View Item