PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS ANTASARI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS


Novianto , 1401413439 (2017) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS ANTASARI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413439.pdf]
Preview
PDF
Download (761kB) | Preview

Abstract

Lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berada di sekitar siswa yang berpengaruh dalam tingkah laku dan perkembangan dalam belajar, baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Interaksi pada lingkungan tentunya akan memengaruhi proses belajar. Kreativitas siswa yaitu kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses pembelajaran atau pengembangan segala potensi yang ada dalam diri siswa baik dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Siswa dengan kreativitas yang tinggi, diharapkan akan mampu mengikuti proses pembelajaran seni rupa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Antasari Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas yang berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsionate Random Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 160 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur dan angket atau kuesioner. Uji prasyarat yang digunakan, yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, korelasi sederhana, regresi berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar seni rupa dengan kontribusi pengaruh sebesar 40,4%. Terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar seni rupa dengan kontribusi sebesar 23,1%. Terdapat pengaruh antara lingkungan belajar dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar seni rupa. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 72,569 > 3,05 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 48%. Jika nilai lingkungan belajar dan kreativitas siswa meningkat, maka hasil belajar seni rupa juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa siswa melalui peningkatan kondisi lingkungan belajar dan pelaksanaan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga dapat mengembangkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar seni rupa, kreativitas, lingkungan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 12:15
Last Modified: 02 Jul 2018 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item