KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS PATIMURA PAGERUYUNG KENDAL


Imam Suryadi , 1401413436 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN GUGUS PATIMURA PAGERUYUNG KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413436.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi bersama guru ditemukan beberapa masalah mengenai pembelajaran matematika di kelas III SDN Gugus Patimura Pageruyung Kendal yaitu: model pembelajaran yang cenderung guru gunakan adalah model TPS dengan masalah yang diberikan masih bersifat rutin, diskusi hanya dilakukan dengan teman sebangku sehingga kurang mengembangkan pemikiran dan tidak ada penengah bila terjadi perbedaan pendapat. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Gugus Patimura Pageruyung Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Gugus Patimura Kecamatan Pageruyung tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sempel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat SDN 1 Pageruyung sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL dan SDN 1 Bangunsari sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model TPS. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari KKM dengan z > (1,905 > 1,64); Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan > (2,234 > 1,7); Rata-rata data gain kelas eksperimen 55,111 (sedang) dan rata-rata data gain kelas kontrol 45,65 (sedang); Rata-rata data N-Gain kelas eksperimen 0,803 (tinggi) dan rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,692 (sedang); Rata-rata aktivitas guru kelas eksperimen 90,18 % (sangat baik) dan rata-rata aktivitas guru kelas kontrol 83,036% (sangat baik); Rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen 78,703% (sangat baik) dan rata-rata aktivitas siswa kelas kontrol 72,723% (sedang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapakan model pembelajaran PBL efektif terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gugus Patimura Pageruyung Kendal. Kendala terjadi pada awal penerapan model PBL yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami permasalahan, sehingga pada tahap orientasi guru harus memastikan siswa memahami masalah yang diberikan sebelum masuk ketahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; keefektifan; model PBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 12:04
Last Modified: 02 Jul 2018 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item