HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA SEMARANG


Khoerul Umam , 1401413418 (2017) HUBUNGAN INTENSITAS BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS WIJAYA KUSUMA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413418.pdf]
Preview
PDF
Download (662kB) | Preview

Abstract

Intensitas belajar dan pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor dalam hasil belajar. Penggunaan intensitas belajar dan pola asuh orang tua yang optimal akan menghasilkan hasil belajar yang optimal pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan positif dan signifikan antara intensitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Lokasi penelitian ini berada di 7 SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 171 siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan sampel proporsi atau proportional sampling diperoleh 70 siswa. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, dan uji linieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi sederhana, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,639, terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,656, terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,734. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS SD siswa kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Peneliti menyarankan bagi pihak sekolah menjalin kerja sama yang erat dengan orang tua siswa dalam menerapkan pola asuh dan meningkatkan intensitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Intensitas Belajar; Pola Asuh Orangtua
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 11:52
Last Modified: 02 Jul 2018 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item