PEMBUATAN MODUL TEKNIK LISTRIK SUB BAHASAN HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF DENGAN BANTUAN PROGRAM LIVEWIRE DAN IMPLEMENTASINYA DI SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA


Anggara Nugrah P, 5301412076 (2017) PEMBUATAN MODUL TEKNIK LISTRIK SUB BAHASAN HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF DENGAN BANTUAN PROGRAM LIVEWIRE DAN IMPLEMENTASINYA DI SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (499kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Teknik Listrik merupakan mata pelajaran yang membahas tentang teori serta hukum kelistrikan. Penyampaian materipun masih dirasa kurang karena belum adanya bahan ajar yang membantu peserta didik dalam belajar. Sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi yang diserap tidak optimal yang menyebabkan hasil belajar tidak memuaskan. Pembuatan dan implementasi modul Teknik Listrik merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar dengan bantuan modul dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Modul Teknik Listrik diterapkan pada mata pelajaran Teknik Listrik Kompetensi Dasar Menganalisis hukum-hukum kelistrikan dan teori kelistrikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini dalam pembuatan modul adalah research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan yang meliputi enam tahapan, yaitu (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam pengambilan data yaitu pra-experimental dengan model one group pretest-posttest design dengan cara membandingkan keadaan sebelum dan sesudah memakai media pembelajaran yang baru (before-after). Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan peserta didik yang dilakukan mendapatkan persentase 77% yang artinya sebagian besar peserta didik belum memiliki ketertarikan dan minat terhadap media pembelajaran yang digunakan saat ini dan membutuhkan modul Teknik Listrik yang menarik untuk meningkatkan minat dan pemahaman terhadap materi. Hasil dari nilai pre test mendapatkan persentase 74% peserta didik belum benar-benar memahami materi Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff yang diajarkan guru karena masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Selanjutnya diterapkan Modul Teknik Listrik pada pembelajaran, masing-masing peserta didik diberikan buku pegangan pengoperasian Livewire, rata-rata nilai memperoleh persentase 85% peserta didik sudah memahami tentang pengoperasian Program Livewire yang diterapkan pada materi Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff. Dilanjutkan dengan post test untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam belajar, hasil rata-rata memperoleh persentase 92% menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik meningkat cukup signifikan. Seluruh peserta didik mendapatkan nilai lebih dari KKM yang menyatakan tuntas. Sehingga Modul Teknik Listrik dapat digunakan sebagai pegangan peserta didik dalam belajar mandiri dan dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan dan Implementasi Modul, Teknik Listrik Sub Bahasan Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 16:30
Last Modified: 04 Apr 2019 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31416

Actions (login required)

View Item View Item