AKSES KONTROL RUANG PENYIMPANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SENSOR FINGERPRINT DAN SENSOR PIR (PASSIVE INFRA RED)


Ardian Dwi Handoko, 5301412070 (2017) AKSES KONTROL RUANG PENYIMPANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN SENSOR FINGERPRINT DAN SENSOR PIR (PASSIVE INFRA RED). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301412070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (560kB) | Preview

Abstract

Keamanan menjadi faktor penting untuk ruang penyimpanan dokumen, karena sistem keamanan yang lemah dapat memberikan peluang atau kesempatan kepada orang lain yang tidak berhak mengakses ruangan khusus tersebut untuk dapat mengakses ruangan. Dalam penelitian ini akan membahas bagaimana unjuk kerja alat akses kontrol ruang penyimpanan dokumen menggunakan sensor fingerprint dan sensor PIR. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan unit alat kontrol keamanan untuk mengidentifikasi kebenaran orang yang berhak dan tidak berhak mengakses ruang penyimpanan dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan pengamatan. Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan, desain perancangan mekanik, perancangan elektronik, perancangan sistem kontrol, dan perancangan perangkat lunak, kemudian pengujian alat yang terdiri dari pengujian rangkaian catu daya dan pengujian unjuk kerja alat, serta operasi dan pemeliharaan alat. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa unjuk kerja alat telah bekerja dengan baik karena mampu mengidentifikasi kebenaran orang yang berhak dan tidak berhak mengakses ruang penyimpanan dokumen. Saran untuk peneliti berikutnya agar ditambahkan proteksi membuka pengunci selenoid ketika listrik padam dan ditambahkan program pengolah database untuk penyimpanan data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Akses Kontrol, Sistem Keamanan, Ruang Penyimpanan Dokumen, Sensor Fingerprint, Sensor Passive Infra Red
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 16:27
Last Modified: 05 Apr 2019 14:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item View Item