PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI WATAK TOKOH CERPEN KELAS IV SD KABUPATEN KENDAL


Rina Karunia , 1401413391 (2017) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI WATAK TOKOH CERPEN KELAS IV SD KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413391.pdf]
Preview
PDF
Download (763kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen? (2) Apakah ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen? (3) Apakah ada pengaruh intensitas membaca dan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen? Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kabupaten Kendal berjumlah 144. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas membaca terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas membaca dan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan ilmu dalam pembelajaran membaca dan mengapresiasi unsur instrinsik cerpen. Siswa dapat meningkatkan intensitas membaca melalui pembiasaan membaca, sehingga kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan mengidentifikasi watak tokoh cerpen meningkat. Guru dapat membiasakan membaca siswa sejak dini. Sarana dan prasarana sekolah yang menunjang kegiatan belajar mengajar harus dilengkapi, terutama perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: intensitas membaca; membaca pemahaman; mengidentifikasi watak
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > ability to read
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 17:59
Last Modified: 28 Jun 2018 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item