KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI ADIWERNA 05 KABUPATEN TEGAL

Siti Fatikhatul Karimah , 1401413387 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI ADIWERNA 05 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Dasar. Pembelajaran PKn dalam pelaksanaannya masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Penerapan model Two Stay Two Stray dengan media Word Square dapat dijadikan salah satu alternatif. Model Two Stay Two Stray dengan media Word Square dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Two Stay Two Stray dengan media Word Square terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 05 Kabupaten Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 05 dan SD Negeri Adiwerna 07 Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Pearson Product Moment untuk uji validitas dan Cronbach Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene’s untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji one sample t-test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,962 > 2,002) dan signifikansinya 0,000 < 0,025, sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,433 > 2,002) dan signifikansinya 0,0018 < 0,025, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas V yang menerapkan model Two Stay Two Stray dengan media Word Square dibandingkan yang menerapkan model konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus one sample t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,033 > 2,040), sedangkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,028 > 2,040). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model Two Stay Two Stray dengan media Word Square lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menerapkan model konvensional. Untuk menindaklanjuti penelitian ini, guru, pihak sekolah, dan peneliti lain disarankan untuk mengembangkan model Two Stay Two Stray dengan media Word Square.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; hasil belajar; model Two Stay Two Stray; media Word Square.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 28 Jun 2018 13:53
Last Modified: 28 Jun 2018 13:53

Actions (login required)

View Item