PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PETUNJUK DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS IV
Nur Afifah Holisah , 1401413384 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PETUNJUK DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (661kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yaitu sulitnya pembelajaran menulis petunjuk bagi siswa kelas IV dan ketersediaan bahan ajar yang masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, sehingga nilai siswa rendah. Selain itu, media yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis petunjuk berupa gambar sederhana tanpa menunjukkan gambar langkah demi langkah petunjuk yang akan dibuat. Demikian peneliti mengembangkan buku panduan menulis petunjuk dengan kartu bergambar, dengan menggunakan pendekatan research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan teori Borg&Gall yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah, yaitu: (1) pengukuran kebutuhan; (2) perencanaan desain; (3) pengembangan produk awal; (4) uji skala kecil; (5) revisi hasil uji coba skala kecil; (6) uji keefektifan; (7) penyempurnaan produk. Data diperoleh dari angket kebutuhan dan angket lembar validasi. Angket yang digunakan untuk memperoleh data kebutuhan, menggunakan angket kebutuhan siswa dan guru, serta angket tanggapan. Sedangkan angket lembar validasi digunakan untuk menilai kelayakan buku panduan, yang dilakukan oleh pakar ahli. Hasil penelitian ini meliputi: (1) hasil kebutuhan siswa dan guru diperoleh jawaban yaitu, (a) tampilan buku panduan dengan bentuk persegi panjang, ukuran kecil atau A5, ketebalan buku antara 20-40 halaman, kertas yang digunakan berwarna putih, terdapat gambar dan ilustrasi, gambar dan ilustrasi berwarna, dan sampul buku berwarna lengkap, (b) isi buku panduan sesuai dengan kompetensi dasar dan tema permbelajaran, (c) bahasa baku dan kalimat bervariasi, (d) penyajian materi secara runtut antara tujuan pembelajaran, materi dalam buku, desain buku menarik, latihan, dan adanya soal evaluasi yang seimbang dengan materi; (2) hasil penilaian ahli memperoleh nilai akhir 93,05%, dengan kriteria sangat valid; (3) hasil keefektifan terbatas pada siswa kelas IV-A, SDN Tambakaji 05, kota Semarang memperoleh rata-rata nilai 85,41. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran, yaitu: (1) untuk membantu siswa kelas IV dalam menulis petunjuk, sebaiknya siswa menggunakan buku panduan menulis petunjuk dengan kartu bergambar; (2) untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran menulis petunjuk, guru dapat menggunakan buku panduan menulis petunjuk dengan kartu bergambar; (3) sebelum pembelajaran menulis petunjuk dilakukan, siswa disarankan untuk membaca buku panduan terlebih dahulu; (4) buku panduan dapat direvisi kembali sesuai dengan perkembangan pembelajaran dan kebutuhan siswa serta guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan; menulis petunjuk; kartu bergambar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 17:43 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 17:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31406 |
Actions (login required)
View Item |