HUBUNGAN BIMBINGAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL


Siti Rahmawati , 1401413381 (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413381.pdf]
Preview
PDF
Download (762kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Gugus Ki Hajar Dewantara masih beragam. Hal ini dapat diamati dari nilai ulangan harian IPS yang belum semua siswa mencapai KKM. Hasil belajar IPS tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya bimbingan belajar dan pola asuh orang tua. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara bimbingan dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara terhadap hasil belajar IPS siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 187 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa dengan teknik two stage cluster sampling. Teknik pengumpulam data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan dengan hasil belajar IPS siswa; (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa; (3) Ada hubungan yang signifikan antara bimbingan dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa; (4) Bimbingan orang tua memberi dampak positif dan signifikansi sebesar 19,6% terhadap hasil belajar IPS; (5) Pola asuh orang tua memberi dampak positif dan signifikansi sebesar 16,4% terhadap hasil belajar IPS; (6) Bimbingan dan pola asuh secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 25,3% terhadap hasil belajar IPS. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa. Saran dari penelitian ini adalah agar guru, orang tua, dan siswa bersama-sama berkontribusi agar bimbingan dan pola asuh tersebut berjalan dengan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Pola Asuh, Hasil Belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 19:03
Last Modified: 09 Jul 2018 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31404

Actions (login required)

View Item View Item