PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD, GUGUS DR. MAWARDI, KECAMATAN KALIWUNGU, KABUPATEN KENDAL


Pramaishella Saraswati , 1401413380 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD, GUGUS DR. MAWARDI, KECAMATAN KALIWUNGU, KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413380.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Gugus Dr. Mawardi ditemukan bahwa presentase ketuntasan nilai siswa kelas V pada mata pelajaran IPS masih rendah, penyebab rendahnya ketuntasan nilai siswa ini salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang minim sedangkan materi yang harus dikuasai siswa adalah muatan sejarah, sehingga peneliti menilai perlu adanya pengembangan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar kogntif siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya muatan sejarah. Salah satu media yang dapat meningkat-kan kemampuan mengingat materi sejarah dikelas adalah media gambar. Dengan media gambar siswa dapat lebih memahami materi sejarah karena terdapat visualisasi dari materi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, dan keefektifan media buku bergambar pada pembelajaran IPS materi “Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia” kelas V SD Gugus Dr. Mawardi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan dan keefektifan media buku bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dari Sugiyono (2015: 409), terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, uji coba pemakaian dan produksi masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Dr. Mawardi. Uji coba produk dilakukan di kelas V SDN 2 Krajankulon dengan jumlah siswa 9 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V SDN 3 Krajankulon dengan jumlah 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media buku bergambar yang dikem-bangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa (2) media buku bergambar valid berdasarkan validasi dari ahli materi, media dan guru. Didapatkan presentase dan kriteria kelayakan isi 75% (layak), kelayakan penyajian 73,3% (layak), kelayakan kegrafikan 97,5% (sangat layak) dan penilaian kebahasaan 84,4% (sangat layak) (3) media buku bergambar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0.05, uji gain sebesar 0,53 dengan kriteria sedang (4) presentase respons siswa dan guru setelah penggunaan media buku bergambar secara klasikal 100% dengan kriteria positif dan siswa secara klasikal 98,9% dengan kriteria positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku bergambar; IPS; media; pembelajaran; pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 17:22
Last Modified: 28 Jun 2018 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31403

Actions (login required)

View Item View Item