HUBUNGAN KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TUGU KOTA SEMARANG


ARINA SAROFAH , 1401413373 (2017) HUBUNGAN KINERJA GURU DAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413373.pdf]
Preview
PDF
Download (994kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil obervasi awal pada guru dan siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara dengan hasil belajar PKn yang belum 100% memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dikarenakan kinerja guru dalam pembelajaran belum maksimal serta pemanfaatan sumber belajar untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan kinerja guru dan sumber belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan kinerja guru dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang, (2) menguji hubungan sumber belajar dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang, (3) menguji hubungan kinerja guru dan sumber belajar dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang, (4) menguji berapa besar hubungan kinerja guru dan sumber belajar dengan hasil belajar PKn kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang yang berjumlah 171 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa atau 30% dari populasi yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, skala psikologi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif, analisis data awal/uji prasyarat analisis, dan analisis data akhir menggunakan uji hipotesis dan analisis regresi ganda. Analisis data hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kinerja guru dengan hasil belajar PKn dengan tingkat hubungan yang kuat yaitu 51,2% ditunjukkan dengan rhitung> rtabel = 0,712 > 0,254, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan sumber belajar dengan hasil belajar PKn dengan tingkat hubungan sedang yaitu 28,9% ditunjukkan dengan rhitung> rtabel = 0,548 > 0,254, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kinerja guru dan sumber belajar dengan hasil belajar PKn dengan tingkat hubungan yang kuat sebesar 52,8% yang ditunjukkan dengan rhitung> rtabel = 0,738 > 0,254. Simpulan penelitian bahwa kinerja guru dan sumber belajar terdapat hubungan dengan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Tugu Kota Semarang baik secara parsial maupun simultan. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru dan sekolah dapat meningkatkan kualitas kinerja guru dalam pembelajaran serta peningkatan pemanfaatan sumber belajar sebagai sarana penunjang pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru; Sumber Belajar; dan Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 12:30
Last Modified: 28 Jun 2018 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31401

Actions (login required)

View Item View Item