HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS WERKUDARA PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN


Anggun Tri Wijiasih , 1401413369 (2017) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD GUGUS WERKUDARA PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413369.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar yang baik akan membentuk kebiasaan belajar yang baik, kebiasaan belajar tersebut akan melahirkan disiplin pada siswa. Siswa yang memiliki aktivitas belajar yang baik dan disiplin siswa yang tinggi akan mempengaruhi hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan aktivitas belajar dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Werkudara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan aktivitas dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Werkudara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gugus Werkudara yang berjumlah 98 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sampling jenuh, seluruh siswa dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis data akhir yaitu uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dalam uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 74,6% korelasi tergolong kuat, (2) ada hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 61,4% korelasi tergolong kuat, (3) ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS sebesar 76,5%, korelasi tergolong kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara aktivitas dan disiplin siswa dengan hasil belajar IPS tergolong kuat. Saran bagi guru adalah agar guru memahami aktivitas belajar siswa dan menunjang fasilitas pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih inovatif, guru bekerjasama dengan orang tua siswa untuk memantau disiplin siswa baik di rumah maupun di sekolah sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, disiplin siswa, hasil belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 12:19
Last Modified: 28 Jun 2018 12:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31399

Actions (login required)

View Item View Item