HUBUNGAN BUKU TEKS PELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MUATAN PKn di SD KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA

FENTI ANGGRAINI , 1401413367 (2017) HUBUNGAN BUKU TEKS PELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MUATAN PKn di SD KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu faktor penting dalam pendidikan adalah sumber belajar. Salah satu jenis sumber belajar adalah bahan yang merupakan perangkat lunak mengandung pesan belajar dan disajikan dalam bentuk buku. Buku yang wajib dimiliki siswa sebagai acuan wajib disebut dengan buku teks pelajaran. Saat ini, jumlah buku teks pelajaran masih terbatas dan materi yang disajikan kurang lengkap. Sehingga diduga terdapat hubungan antara buku teks pelajaran dengan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar. Salah satu bentuk kendala motivasi belajar adalah kemauan siswa untuk belajar kurang. Faktor buku teks pelajaran PKn kelas V dan motivasi belajar diduga berhubungan dengan hasil belajar siswa kelas V muatan PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan buku teks pelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V muatan PKn di SD Kecamatan Jebres Kota Surakarta serta seberapa besar kontribusi buku teks pelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V muatan PKn SD Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Indikator buku teks pelajaran berdasarkan isi, penyajian, bahasa, dan ilustrasi. Indikator motivasi belajar hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan belajar, harapan dan cita-cita, penghargaan dalam belajar, kegiatan menarik, lingkungan belajar kondusif. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Gugus Pocung Kecamatan Jebres Kota Surakarta sejumlah 114 siswa, sedangkan sampel penelitian 57 siswa dengan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah buku teks pelajaran dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan ganda berbantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan buku teks pelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V muatan PKn dengan nilai koefisien korelasi 0,858 dan nilai Sig. F change 0,000 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan sedangkan besar kontribusi 73,7%. Simpulan penelitian ini adalah buku teks pelajaran dan motivasi belajar berhubungan dengan hasil belajar siswa kelas V Muatan PKn SD Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Disarankan kepada guru untuk memilih buku teks pelajaran PKn sesuai minat siswa agar siswa termotivasi belajar dan meraih hasil belajar maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Pelajaran; Motivasi Belajar; Hasil Belajar PKn. s
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:12
Last Modified: 28 Jun 2018 08:12

Actions (login required)

View Item