HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS ADI KARTIKA KABUPATEN REMBANG


Lailatul Fitriyah , 1401413366 (2017) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS ADI KARTIKA KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413366.pdf]
Preview
PDF
Download (825kB) | Preview

Abstract

Aktivitas merupakan salah satu prinsip dalam belajar. Selain itu, pembentukan anak bermula atau berawal dari keluarga. Pola asuh orang tua terhadap anak-anaknya memengaruhi hasil belajar anak khusunya pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V?, (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V?, (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Adi Kartika Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang?. Lokasi Penelitian ini berada di SD Gugus Adi Kartika Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 siswa kelas V SD Gugus Adi Kartika. Pengambilan sampel menggunakan sampel proporsi atau propotional random sampling diperoleh 57 siswa. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan linieritas. Sedangkan analisis data akhir yaitu uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dalam uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana, regresi sederhana, dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar dan hasil belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r=0,604 (2) pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai r=0,781 dan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan nilai sig 0,000 (3)aktivitas belajar dan pola asuh orang tua mempunyai hubungan yang signifikan yaitu dengan nilai sig.F change 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS, terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar IPS. Peneliti menyarankan bagi pihak guru untuk lebih memperhatikan aktivitas belajar anak dan orang tua hendaknya menerapkan pola asuh yang tepat bagi anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPS, Pola Asuh Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 12:09
Last Modified: 28 Jun 2018 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31397

Actions (login required)

View Item View Item