HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI BOJA KENDAL


Pria Adi Saputra , 1401413358 (2017) HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413358.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang memberikan kontribusi besar terhadap hasil belajar adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar karena fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang berupa sarana dan prasarana pendidikan digunakan secara langsung atau tidak secara langsung untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran IPS pada kelas V SD mempunyai materi yang luas, sehingga pada siswa kelas V SDN di Gugus Ahmad Yani Boja Kendal mempunyai tingkat motivasi yang berbeda, yang berdampak pada pemerolehan hasil belajar yang berbeda pula. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di kecamatan Boja Kendal? Penelitian ini bertujuan untuk menguji adakah hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN di kecamatan Boja Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Ahmad Yani Boja Kendal yang berjumlah 208 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan uji product moment dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,452 dengan signifikansi kurang dari 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rhitung =0,431 dengan signifikansi kurang dari 0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 9.086 dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Kesimpulan penelitian ini bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar berhubungan positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Ahmad Yani. Saran penelitian ini, bagi: (1) guru, hendaknya kreatif menggunaan fasilitas dan memberikan motivasi kepada siswa, (2) orang tua, hendaknya memenuhi fasilitas dan memberikan motivasi kepada anak, (3) siswa, hendaknya memanfaatkan fasilitas dan meningkatkan motivasi belajarnya dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: belajar; ips; fasilitas; motivasi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 12:02
Last Modified: 28 Jun 2018 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item