KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK
Eki Susilowati , 1401413356 (2017) KEBIASAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUNAN AMPEL KECAMATAN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (917kB) | Preview |
Abstract
Kebiasaan belajar dan kemandirian belajar menjadi faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Seseorang yang memiliki kebiasaan belajar yang baik dan kemandirian belajar yang tinggi akan mempengaruhi hasil belajar IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; (4) seberapa besarkah hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS; (5)seberapa besarkah hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS; (6) seberapa besarkah hubungan kebiasaan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Sunan Ampel Kecamatan Demak yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan analisis data akhir yaitu uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dalam uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana, korelasi ganda, dan uji signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 58,2% yang ditunjukkan dengan rhitung> rtabel = 0,763>0,202; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS yaitu sebesar 43,6%, yang ditunjukkan dengan rhitung> rtabel = 0,661>0,202; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS sebesar 61%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS dan tergolong kuat. Saran bagi guru harus memantau hasil belajar siswadengan memberikan motivasi kepada siswa untuk membiasakan belajar secara teratur dan meningkatkan kemandirian dalam belajar sehingga dapat mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan belajar, kemandirian belajar, hasil belajar, IPS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Outcomes |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 11:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 11:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31394 |
Actions (login required)
View Item |