HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG


Leni Safutri , 1401413352 (2017) HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413352.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan yang ada di Indonesia berdasarkan laporan UNESCO tentang The Education for All Development Index tahun 2014 berada pada peringkat 57 dari 115. Artinya, kualitas pendidikan di Indonesia masih belum baik. Hasil tersebut dibuktikan pada temuan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Depdiknas tahun 2007 yang menyatakan bahwa dalam pembelajaran IPS terdapat berbagai permasalahan diantaranya adalah pemberian penguatan dan motivasi belajar yang masih rendah. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen Kota Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada hubungan pemberian penguatan dengan hasil belajar IPS; (2) apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; dan (3) apakah ada hubungan pemberian penguatan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hubungan pemberian penguatan terhadap hasil belajar IPS; (2) mendeskripsikan hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS dan (3) mendeskripsikan hubungan pemberian penguatan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 238 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 130 peserta didik dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan pemberian penguatan dan hasil belajar IPS sebesar 0,610; (2) terdapat hubungan motivasi belajar dan hasil belajar IPS sebesar 0,615; (3) terdapat hubungan pemberian penguatan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 0,687. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pemberian penguatan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, maka saran yang diberikan adalah dalam pembelajaran IPS perlu diupayakan pemberian penguatan dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS; Motivasi Belajar; Pemberian Penguatan (Reinforcement)
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 11:55
Last Modified: 28 Jun 2018 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31393

Actions (login required)

View Item View Item