HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD NEGERI GUGUS WISANGGENI KECAMATAN SEMARANG BARAT


Wahyu Widiyanto , 1401413348 (2017) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD NEGERI GUGUS WISANGGENI KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413348.pdf]
Preview
PDF
Download (921kB) | Preview

Abstract

Tingkat pendidikan orangtua dan motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor dalam hasil belajar. Tingkat pendidikan dan motivasi belajar siswa yang optimal akan menghasilkan hasil belajar yang optimal pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan positif dan signifikan antara hubungan tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS SD Negeri Gugus Wisanggeni? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS di SD Negeri Gugus Wisanggeni Kecamatan Semarang Barat. Lokasi penelitian ini berada di 5 SD Negeri Gugus Wisanggeni Kecamatan Semarang Barat. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 181 siswa kelas V SD Negeri Gugus Wisanggeni Kecamatan Semarang Barat. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling diperoleh 60 siswa. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas,uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,576, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,562, terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,447. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPS SD siswa kelas V SD Negeri Gugus Wisanggeni Kecamatan Semarang Barat. Peneliti menyarankan bagi pihak sekolah dan guru menjalin kerja sama dengan orang tua untuk memberikan pengarahan kepada siswa dalam meningkatkan motivasi belajar agar berpengaruh baik terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; motivasi belajar; tingkat pendidikan orangtua
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 18:17
Last Modified: 26 Jun 2018 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31392

Actions (login required)

View Item View Item