IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SLEROK KOTA TEGAL


Dani Susanto , 1401413347 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SLEROK KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413347.pdf]
Preview
PDF
Download (650kB) | Preview

Abstract

Beralihnya sistem sentralisasi menuju desentralisasi, membutuhkan banyak penyesuaian bagi pendidikan di Indonesia. Jika pada era sentralisasi kebijakan berasal dari pusat, maka di era desentralisasi sekolah memiliki otonomi untuk merumuskan kebijakan-kebijakan sendiri demi kemajuan sekolah. Desentralisasi manajemen pendidikan memberikan kesempatan kepada masingmasing sekolah untuk mengembangkan kebijakan maupun program yang disesuaikan dengan potensi dan lingkungan sekolah tersebut berada. Salah satu sekolah dasar di Kota Tegal yang telah menerapkan MBS adalah Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua komite sekolah, guru, dan orang tua siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Penerapan MBS di Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal sudah berjalan baik. Pelaksanaan MBS di Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal mengacu pada prinsip MBS, yakni kemandirian sekolah, kemitraan sekolah dengan masyarakat, keterbukaan, sekolah, partisipasi stakeholder, dan akuntabilitas sekolah yang dilaksanakan secara bertahap, (2) Melalui implementasi MBS mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal meningkat, yang ditandai dari input, proses, dan output pendidikan yang optimal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi sekolah dan masyarkat untuk selalu menjaga hubungan harmonis yang telah terbina agar kerja sama yang terjalin tetap berjalan dengan lancar, sehingga mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 4 Slerok Kota Tegal tetap konsisten.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 18:14
Last Modified: 26 Jun 2018 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31391

Actions (login required)

View Item View Item