KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN CD INTERAKTIF BERBASIS TUTORIAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN PAKULAUT 02 KABUPATEN TEGAL


Panca Ragil Saputra , 1401413345 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN CD INTERAKTIF BERBASIS TUTORIAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN PAKULAUT 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413345.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA membahas tentang alam dan semua isinya. Sebagian besar siswa SD kurang memahami materi pembelajaran IPA, karena dalam proses pembelajaran guru lebih sering menjelaskan materi yang terdapat pada sumber yang tersedia. Hal ini kurang sesuai dengan tahap perkembangan anak di usia SD, karena pada masa usia SD anak masih pada tahap operasional konkret, sehingga perlu dibantu media pembelajaran untuk menjelaskan materi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru yang sesuai dengan kemajuan teknologi adalah media berbasis komputer atau multimedia berupa CD interaktif berbasis tutorial. Hasil penelitian yang relevan menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media CD interaktif efektif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsi dan menganalisis keefektifan penggunaan media CD interaktif berbasis tutorial terhadap minat dan hasil belajar materi proses pembentukan tanah karena pelapukan siswa kelas V SD Negeri Pakulaut 02 Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini yaitu 41 siswa kelas V SDN Pakulaut 02 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors, uji Levene untuk uji homogenitas, uji Independent Samples t-test, uji One Sample t-test, untuk uji hipotesis. Semua penghitungan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar, terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansinya 0,000 (0,001 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan minat belajar menghasilkan nilai thitung > ttabel (6,374 > 2,093), sehingga media CD interaktif berbasis tutorial efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansinya 0,000 (0,013 < 0,05) dan uji hipotesis keefektifan hasil belajar menghasilkan nilai thitung > ttabel (3,451 > 2,093), sehingga media CD interaktif berbasis tutorial efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan media CD interaktif berbasis tutorial dapat digunakan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif berbasis tutorial; hasil belajar; minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 18:09
Last Modified: 26 Jun 2018 18:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31390

Actions (login required)

View Item View Item