KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DENGAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL

Nur Hidayah , 1401413344 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DENGAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PENUSUPAN 1 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (829Kb)

    Abstract

    Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmuilmu sosial dan humaniora, yaitu: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Pembelajaran IPS di SD mengajarkan konsep-konsep esensi ilmu sosial untuk membentuk subjek didik menjadi warga negara yang baik. Oleh sebab itu, pembelajaran IPS memiliki peranan yang penting dalam kehidupan. Pentingnya pembelajaran IPS bagi siswa, sudah seharusnya pembelajaran IPS dirancang sedemikian rupa agar dapat mengembangkan serta melatih siswa untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial yang ada di lingkungannya. Namun, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa pasif dan kurang mengembangkan keterampilan sosialnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model TGT berbantu media gambar dan model TGT berbantu media video dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Penusupan 1dan SDN Pener 3. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Penusupan 1 dan SDN Pener 3 Kabupaten Tegal yang berjumlah 74 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen 1, 26 siswa kelas eksperimen 2 dan 26 siswa kelas kontrol. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian komparasi. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANOVA dengan uji lanjut Post Hoc Test yaitu Tukey HSD kemudian dilanjutkan dengan uji keefektifan menggunakan One Sample T-Test. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan uji Tukey HSD, diperoleh nilai signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,030 (0,030 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa kelas V yang mendapat pembelajaran dengan model TGT berbantu media gambar dan TGT berbantu media video. Hal ini dibuktikan dengan ratarata hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model TGT berbantu media video lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran model TGT berbantu media gambar (85,58>77,50) dengan perbedaan rata-rata sebesar 8,077. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model TGT berbantu media video lebih baik daripada model TGT berbantu media gambar dalam pembelajaran IPS Kelas V Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Gambar, Media Video, dan Model TGT.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 26 Jun 2018 14:04
    Last Modified: 26 Jun 2018 14:06

    Actions (login required)

    View Item