PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 CANDISARI KABUPATEN TEMANGGUNG


Erwin Rahayu Setiawan , 1401413339 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 CANDISARI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413339.pdf]
Preview
PDF
Download (922kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-penelitian melalui data observasi, wawancara, dan hasil belajar di kelas V di SDN 2 Candisari, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum optimal dan ketersediaan media pada pembelajaran IPA masih sebatas KIT IPA dan gambar-gambar yang tersedia pada buku siswa dan guru. Sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar IPA memiliki rerata rendah. Sehingga perlu dikembangkan media diorama berbasis PjBL pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah adalah bagaimana kelayakan dan keefektifan media diorama? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media diorama IPA pada materi peristiwa alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Untuk uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas V SDN Gunungsari dan uji skala besar di SDN 2 Candisari dengan jumlah 23 siswa. Data penelitian ini diperoleh observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal/uji persyaratan analisis, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media diorama layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli media mendapat persentase 88,3% dengan kriteria sangat layak, dan tanggapan guru mendapat rerata persentase sebesar 91,25% dengan kriteria sangat layak. Tanggapan siswa mendapat rerata persentase 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar pretest dan posttest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test), pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan media diorama berbasis PjBL. Jadi kesimpulannya media diorama berbasis PjBL materi peristiwa alam yang dikembangkan, layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 2 Candisari. Saran dalam penelitian ini sebaiknya komponen isi dalam penyajian media diorama perlu diperlengkap sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA; Media diorama; Project Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 17:56
Last Modified: 26 Jun 2018 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31388

Actions (login required)

View Item View Item