PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Dimas Gusti Ramadhan , 1401413335 (2017) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413335.pdf]
Preview
PDF
Download (688kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa, baik menyangkut aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah kedisiplinan siswa. Faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar salah satunya adalah pemberian penguatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan dan pemberian penguatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode expost facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Sudirman Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal sebanyak 188 siswa. Sampel penelitian sebanyak 128 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan one sample t test, analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda (R), koefisien determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (2,633> 1,979); (2) ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (2,868> 1,979); (3) ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kedisiplinan dengan pemberian penguatan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,017 < 0,05); (4) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan pemberian penguatan secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (6,466> 3,068); (5) besarnya pengaruh kedisiplinan 5,2%; (6) besarnya pengaruh pemberian penguatan 6,1%; dan (7) besarnya pengaruh kedisiplinan dan pemberian penguatan 9,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan dan pemberian penguatan berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa. Namun pengaruh tersebut tergolong rendah. Saran yang diberikan yaitu guru harus lebih memerhatikan kedisiplinan siswa dan guru juga harus lebih bervariasi dalam memberikan penguatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; pemberian penguatan; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 17:41
Last Modified: 26 Jun 2018 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31387

Actions (login required)

View Item View Item