PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR POSTER UNTUK SISWA KELAS V SD

Erpin Agustina , 1401413328 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR POSTER UNTUK SISWA KELAS V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (723Kb)

    Abstract

    Rata-rata skor siswa kelas V SD pada kompetensi dasar menulis puisi bebas menggunakan pilihan kata yang tepat adalah 71,7 dan 40% siswa belum tuntas. Permasalahan yang terjadi adalah belum ada buku panduan menulis puisi bebas yang digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, guru belum menerapkan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Dengan demikian, penggunaan buku panduan yang tepat dan menarik dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku panduan menulis puisi bebas menggunakan model mind mapping berbantuan media gambar poster untuk siswa kelas V SD, yaitu: (1) mendeskripsikan desain pengembangan buku panduan menulis puisi bebas menggunakan model mind mapping berbantuan media gambar poster untuk siswa kelas V SD; (2) mendeskripsikan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap buku panduan menulis puisi bebas menggunakan model mind mapping berbantuan media gambar poster untuk siswa kelas V SD; dan (3) mendeskripsikan uji keefektifan produk secara terbatas pada siswa kelas V SDN 1 Genukharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dari teori Borg dan Gall yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Tahap penelitian dirancang dengan tujuh langkah, yaitu: (1) tahap survei pendahuluan; (2) tahap awal pengembangan prototipe; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi atau perbaikan desain; (6) tahap uji coba produk dalam skala kecil dan revisi; dan (7) uji keefektifan produk dalam skala terbatas dan penyusunan hasil. Hasil penelitian ini adalah: (1) buku panduan menulis puisi bebas disusun dengan memperhatikan empat aspek yaitu aspek materi, penyajian, bahasa, dan grafika; (2) penilaian yang telah dilakukan ahli memperoleh skor 169 dengan kriteria sangat valid atau digunakan tanpa ada revisi; dan (3) hasil uji keefektifan buku panduan, siswa memperoleh rata-rata skor menulis puisi bebas 81,25 dengan kriteria sangat valid dan ketuntasan belajar 100%. Simpulan penelitian ini adalah buku panduan menulis puisi bebas mengguna-kan model mind mapping berbantuan media gambar poster memiliki kategori sangat valid sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran menulis puisi bebas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: buku panduan, menulis puisi bebas, mind mapping, poster.
    Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
    L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 26 Jun 2018 13:32
    Last Modified: 26 Jun 2018 13:32

    Actions (login required)

    View Item