KEEFEKTIFAN MUSEUM SOESILO SOEDARMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KESADARAN SEJARAH DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SAMPANG 01 KABUPATEN CILACAP


Siti Nur Azizah , 1401413324 (2017) KEEFEKTIFAN MUSEUM SOESILO SOEDARMAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KESADARAN SEJARAH DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SAMPANG 01 KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413324.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kurang tercapainya tujuan pembelajaran IPS adalah guru kurang berinovasi dalam memanfaatkan dan memberdayakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekitar sekolah, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik dengan pelajaran IPS, terutama yang berkaitan dengan materi sejarah. Museum Soesilo Soedarman yang menyediakan benda konkret berupa peninggalan sejarah dapat dijadikan alternatif sumber belajar IPS yang akan mengembangkan pemahaman siswa tentang sejarah perjuangan bangsa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan museum Soesilo Soedarman sebagai sumber belajar terhadap kesadaran sejarah dan hasil belajar IPS materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sampang 01 Kabupaten Cilacap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas serta analisis akhir (pengujian hipotesis) menggunakan independent samples t test dan one sample t test dengan bantuan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan dan keefektifan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan kesadaran sejarah menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (6,925 < 2,002) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (12,658 > 1,701) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,705 > 2,002) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan hasil uji hipotesis keefektifan menggunakan one sample t test menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,239 > 1,701) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kesadaran sejarah dan hasil belajar IPS siswa kelas V antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Museum Soesilo Soedarman efektif terhadap kesadaran sejarah dan hasil belajar IPS siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kesadaran sejarah, museum Soesilo Soedarman, sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:41
Last Modified: 26 Jun 2018 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31383

Actions (login required)

View Item View Item