STUDI KOMPARASI MODEL PAIR CHECK DAN MODEL CRH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 1 SAMBIRATA KABUPATEN BANYUMAS


Desi Wijayanti , 1401413323 (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PAIR CHECK DAN MODEL CRH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI 1 SAMBIRATA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413323.pdf]
Preview
PDF
Download (870kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan manusia dan lingkungannya. Pembelajaran IPS di SD bertujuan mengembangkan potensi siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan sosial siswa. Namun, pembelajaran IPS di SD masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa pasif dan kurang mengembangkan keterampilan sosialnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model Pair Check dan model CRH dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sambirata Kabupaten Banyumas. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian komparasi. Desain yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Sambirata Kabupaten Banyumas yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen 1, 29 siswa kelas eksperimen 2 dan 29 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANOVA dengan uji lanjut Post Hoc Test yaitu Tukey HSD kemudian dilanjutkan dengan uji keefektifan menggunakan One Sample T-Test. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan uji Tukey HSD, diperoleh nilai signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,019 (0,019 < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa kelas V yang mendapat pembelajaran dengan model Pair Check dan CRH. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model CRH lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran model Pair Check (88,10 > 80,48) dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,710. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model CRH lebih baik daripada model Pair Check dalam pembelajaran IPS Kelas V Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pair Check; Model CRH; dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 16:38
Last Modified: 26 Jun 2018 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31382

Actions (login required)

View Item View Item